page contents ASMANU ONLINE: Asteroit jatuh di Bone
ASMANU ONLINE ----- MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU 2012 and GONG XI FA CHAI ------

Jumat, 30 Oktober 2009

Asteroit jatuh di Bone


Taukah anda ?....
.Benda luar angkasa bisa jatuh sampai ke bumi, dan menimbulkan ledakan yang sangat keras. Para pakar astonomi mengungkapkan bahwa ledakan besar yang terjadi di perairan Teluk Bone pada 8 Oktober 2009 adalah akibat jatuhnya meteorit yang berasal dari asteroid berdiameter sekitar 10 meter ke bumi.

Ledakan tersebut terjadi karena tekanan atmosfer menyebabkab pelepasan energi yang cukup besar, dimaka kecepatan jatuh meteorit tersebut sekitar 20,3 km perdetik atau 73,080 km perjam, kata parapakar astronomi dari dari Lembaga Penerbangan dan Antarika Nasional
( LAPAN )Dr.Tomas Djamaluddin di Jakarta

Sistem pemantau internasional untuk larangan percobaan nuklir dari 11 stasiun, ujarnya telah mendeteksi adanya ledakan besar yang berpusat disekitar lintang 4,5 LS dan bujur 120 BT, sekitar pukul 11.00 Wita pada tanggal 8 Oktober 2009.
Analisis ledakan menunjukan bahwa kekuatan ledakan sekitar 50 kiloton TNT dan sinyal ledakan tersebut juga mencapai stratosfer yang tingginya lebih dari 20 km.

kebanyakan asteroid yang jatuh tidak menyebabkan kerusakan di bumi, kecuali diameternya mencapai lebih dari 25 m. Dikatakan Djamal, berdasarkan perkiraan sebaran meteoroid-asteroid di antariksa dekat bumi, obyek seperti itu punya kemungkinan jatuh di bumi antara 2 sampai 12 tahun.

Pada kamis ( 8 Oktober 2009 ) warga Kabupaten Bone Sulawesi Selatan dikejutkan dengan adanya suara ledakan dimana sejumlah saksi mata sempat melihat benda memancarkan api dan asap diudara. Badan meteorologi klimatologi dan geofisika BMKG IV Makasar sempat mengaku telah terjadi gempa kecil sekitar 1.9 SR di permukaan perbatasan Kabupaten Bone dan Wajo dimana di wilayah tersebut terdapat patahan Sa'dang.
Warga lain menyebutkan ledakan yang sempat menimbulkan getaran didarat tersebut disebabkan aksi bom ikan yang dilakukan nelayan setempat, tetapi ada juga yang menduga bahwa benda tersebut adalah meteorit.

Sumber : Kompas.com

1 komentar:

  1. ika dewi
    kita harus segera tobat nasional
    mendekatkan diri kepada Yang Maha Esa.

    BalasHapus

 

blogger templates | Make Money Online